Senin, 18 April 2011

Awal Mula Bisnis ONLINE

Pada era virtual seperti saat ini, internet agaknya sudah bukan lagi terbilang barang langka. Melalui internet, manusia masa kini bisa melakukan interaksi dan komunikasi melampaui batas dimensi ruang dan waktu. Para netter –sebutan bagi para pengguna internet– bisa melakukan aktivitas online kapan dan di mana pun mereka berada. Melalui jejaring sosial, misalnya, para pemilik akun bisa meng-update status, menyebarkan informasi, menjalin pertemanan, atau menjalankan bisnis online. Hanya dengan duduk manis di depan monitor komputer, mereka bisa mengendalikan bisnis online seperti layaknya bisnis offline. Bahkan, seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi digital di bidang telepon seluler, para netter bisa juga mengakses internet melalui handphone.

Menurut cacatan Kompas (Selasa, 8 Desember 2009), jumlah pengguna internet di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini meningkat secara signifikan. Hasil survei lembaga riset Nielsen menunjukkan penetrasi internet di Indonesia mencapai 17 persen dari jumlah penduduk atau naik dua kali lipat dibanding tahun 2005 yang hanya sekitar 8 persen. Hal senada juga dikemukakan oleh www.internetworldstats.com

Berdasarkan data tersebut, jelas bahwa Indonesia termasuk pangsa pasar bisnis online yang menggiurkan. Jika digarap secara serius,bisnis online bisa menjadi bisnis alternatif untuk mengurangi angka pengangguran yang dalam catatan VivaNews pada tahun 2010 ini masih berkisar antara 8-12 persen.

Komunitas Bisnis Indonesia Online Pengangguran dan kemiskinan memang termasuk problem sosial yang sering dihadapi oleh negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Problem semacam ini jelas akan menjadi beban sosial yang kian berat dan kompleks jika para pemburu lapangan kerja hanya berpikir linier dengan memburu lapangan kerja “mainstraim” yang selama ini hanya ada di instansi-instansi pemerintah dan swasta. Telah terjadi ketimpangan yang begitu lebar antara jumlah formasi lapangan kerja yang tersedia dan jumlah pencari kerja yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Dalam konteks demikian, diperlukan perubahan mind-set dengan melirik bisnis online sebagai alternatif kerja yang menguntungkan. Sudah banyak bukti yang menunjukkan bahwa anak-anak muda bisa meraup keuntungan yang tidak sedikit dari bisnis online ini.

Seiring dengan itu, kini telah muncul Komunitas Bisnis Indonesia Online, yang diharapkan bisa menjadi wadah dan media yang strategis untuk saling berinteraksi dan berkomunikasi tentang dunia bisnis, yakni Frigz.com. Melalui komunitas ini, mereka yang tertarik untuk menggeluti dunia bisnis bisa membangun semangat berbagi dan memperlebar jaringan sehingga bisnis yang dikelolanya bisa lebih eksis dan berkembang secara optimal.

http://sawali.info/2010/06/06/komunitas-bisnis-indonesia-online-terobosan-visioner-menuju-indonesia-yang-makmur-dan-sejahtera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar